Kulon Progo (MTsN 3 KP) – MTs Negeri 3 Kulon Progo memperingati Hari Anak Nasional dengan serangkaian kegiatan bermakna yang diawali dengan upacara bendera di halaman madrasah Rabu (23/07/2025).
Upacara yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan ini sekaligus menjadi momen perkenalan tiga guru yaitu Marwan Nur Huda, S.Pd., Isna Ristanti, S.Pd. dan Umi rofiqoh dan dua tenaga kependidikan (tendik) yaitu Vita Yuliana, S.Pd. dan Anif Nur Mustaqim, S.T. yang resmi bergabung di MTsN 3 Kulon Progo.
Dalam amanatnya, Waka Kurikulum MTsN 3 Kulon Progo, Fadchudin, mengatakan, “Peringatan Hari Anak penting sebagai bentuk penghargaan terhadap hak-hak anak dan dorongan agar seluruh siswa semakin semangat dalam belajar dan berkarya.” Ia juga memperkenalkan para guru dan tenaga kependidikan baru, seraya menyampaikan, “Kami berharap Bapak dan Ibu dapat segera menyesuaikan diri dan turut memberikan kemajuan bagi madrasah.”
Acara dilanjutkan dengan pengumuman prestasi membanggakan dari dua siswi MTsN 3 Kulon Progo, yaitu Gita Dian Pratiwi sebagai juara I dan Khadijah mendapatkan juara harapan I dalam Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat Kabupaten Kulon Progo. Bagi Gita selanjutnya mewakili kabupaten Kulon Progo untuk maju ke tingkat provinsi. Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa siswa MTsN 3 Kulon Progo mampu bersaing dan berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.
Rangkaian kegiatan Hari Anak, digelar Forum Suara Anak MTsN 3 Kulon Progo, sebuah ajang dialog terbuka antara siswa dengan pihak madrasah. Dalam forum ini, para siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasi, saran, dan harapan mereka terhadap lingkungan belajar yang lebih nyaman, aman, dan menyenangkan. Forum ini mendapat sambutan hangat dari peserta, karena menjadi sarana penting dalam membangun komunikasi yang sehat dan demokratis di lingkungan sekolah.
Peringatan Hari Anak Nasional di MTsN 3 Kulon Progo tahun ini bukan hanya menjadi ajang seremonial, tetapi juga momentum untuk memperkuat semangat kebersamaan, apresiasi terhadap prestasi siswa, serta memperkuat partisipasi aktif anak dalam kehidupan madrasah. (sri/sap)